Matapelajaran
|
:
|
BIOLOGI
|
Kelas / Program
|
:
|
X / --
|
Waktu
|
:
|
120 menit
|
@
|
Pilihlah satu
jawaban yang benar, dengan cara memberi tanda silang ( X ) huruf :
A / B / C / D / E , pada lembar jawaban yang telah disediakan !
|
|
|
|
|
1.
|
Yang dimaksud dengan keanekaragaman
hayati adalah :
|
|
|
A.
|
Terdapatnya beranekaragam jenis makhluk hidup di permukaan bumi baik di
darat maupun perairan
|
|
B.
|
Beranekaragamnya jenis mahkluk hidup yang berguna bagi manusia di
permukaan bumi
|
|
C.
|
Terdapatnya berbagai jenis hewan di
permukaan bumi terutama di daratan
|
|
D.
|
Terdapatnya berbagai jenis tumbuhan
di permukaan bumi terutama di daratan
|
|
E.
|
Macam-macam jenis tumbuhan dan hewan
yang berguna bagi manusia
|
2.
|
Yang merupakan contoh keanekaragaman hayati
pada tingkat gen adalah :
|
|
|
A.
|
Pada hewan dikenal ada berbagai jenis
hewan berkaki empat
|
|
B.
|
Pada jenis tanaman padi dikenal ada :
padi IR-64, padi Raja Lele, padi Cisadane
|
|
C.
|
Pada tanaman pangan dikenal adanya :
padi, jagung, sagu, singkong
|
|
D.
|
Pada hewan dikenal ada : kucing,
anjing, harimau dan singa
|
|
E.
|
Pada tumbuhan dikenal ada : Kelapa,
Aren, Siwalan
|
3.
|
Berikut ini adalah beberapa jenis
tumbuhan yang ada di Indonesia
:
Jenis tumbuhan yang menunjukkan
Contoh keanekaragam jenis adalah :
|
|
|
A.
|
1, 2 dan 3
|
|
B.
|
1, 2 dan 5
|
|
C.
|
1, 3 dan 4
|
|
D.
|
1, 3 dan 5
|
|
E.
|
2, 3 dan 5
|
4.
|
Contoh keanekaragam tingkat gen
pada hewan adalah :
|
|
|
A.
|
Kambing, sapi, dan kuda
|
|
B.
|
Ayam, itik dan angsa
|
|
C.
|
Ayam kampung, ayam petelur dan ayam cemani
|
|
D.
|
Kuda, zebra dan keledai
|
|
E.
|
Ikan mas, ikan gurame dan ikan paus
|
5.
|
Tingkatan Keanekaragaman hayati dari yang paling sederhana sampai yang paling kompleks, adalah :
|
|
|
A.
|
Keanekaragaman ekosistem à keanekaragaman species à keanekaragaman gen
|
|
B.
|
keanekaragaman species à keanekaragaman gen à keanekaragaman ekosistem
|
|
C.
|
keanekaragaman species à keanekaragaman ekosistem à keanekaragaman gen
|
|
D.
|
keanekaragaman gen à keanekaragaman ekosistem à
keanekaragaman species
|
|
E.
|
Keanekaragaman gen à keanekaragaman species à keanekaragaman ekosistem
|
6.
|
Perbedaan antara keanekaragaman Gen dengan keanekaragaman Jenis adalah :
|
|
|
A.
|
Keanekaragaman gen terlihat pada
individu yang sejenis, sedangkan keanekaragaman jenis terlihat pada individu
yang berbeda jenis tapi masih satu genus
|
|
B.
|
Keanekaragaman jenis terlihat pada
individu yang sejenis, sedangkan keanekaragaman gen terlihat pada individu
yang berbeda jenis
|
|
C.
|
Keanekaragaman gen lebih kompleks daripada
keanekaragaman jenis
|
|
D.
|
Keanekaragaman jenis lebih sederhana
daripada keanekaragaman gen
|
|
E.
|
Keanekaragaman gen terdapat pada
tumbuhan (flora) sedangkan keanekaragaman jenis terdapat pada hewan ( fauna )
|
7.
|
Berikut ini yang merupakan kelompok fauna khas Indonesia
yang dilindungi adalah :
|
|
|
A.
|
Harimau sumatera, Singa dan Beruang
|
|
B.
|
Badak bercula satu, Komodo, dan Anoa
|
|
C.
|
Sapi, kerbau dan kambing
|
|
D.
|
Ayam cemani, ayam Bangkok dan ayam kampung
|
|
E.
|
Tapir, kuda nil dan lumba-lumba
|
8.
|
Berikut ini yang merupakan kelompok flora khas Indonesia
adalah :
|
|
|
A.
|
Kopi, cengkeh dan teh
|
|
B.
|
Kelapa, kopi dan cengkeh
|
|
C.
|
Durian, kelapa dan teh
|
|
D.
E.
|
Mawar, melati dan tulip
Matoa, meranti dan bunga bangkai
|
9.
|
Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, karena ……………
kecuali :
|
|
|
A.
|
Terdiri atas ribuan pulau
|
|
B.
|
Berada di daerah tropis
|
|
C.
|
Memiliki iklim sub tropis
|
|
D.
|
Memiliki banyak gunung berapi
|
|
E.
|
Tanahnya subur
|
|
|
|
10.
|
Contoh Pelestarian alam hayati secara
eksitu adalah :
|
|
|
A.
|
Pelestarian bunga bangkai raksasa di
Bengkulu
|
|
B.
|
Taman laut bunaken di Sulawesi
|
|
C.
|
Pelestarian komodo di pulau komodo
|
|
D.
|
Kebun Raya Bogor
|
|
E.
|
Pelestarian badak bercula satu di
Ujung Kulon
|
|
|
|
11.
|
Berikut ini adalah macam-macam
pelestarian alam di Indonesia
:
Yang termasuk pelestarian alam secara
insitu, adalah :
|
|
|
A.
|
1, 2 dan 3
D. 2, 3 dan 4
|
|
B.
|
1, 2 dan 4
E. 2, 3 dan 5
|
|
C.
|
1, 3 dan 4
|
|
|
|
12.
|
Flora khas Indonesia dari jenis Shorea sp. ( meranti ) memiliki nilai
konsumtif karena dapat dimanfaatkan untuk :
|
|
|
A.
|
Bahan bangunan
|
|
B.
|
Bahan baku industri mebel
|
|
C.
|
Bahan makanan sehari-hari
|
|
D.
|
Menjaga keseimbangan ekosistem hutan
|
|
E.
|
Sumber plasma nutfah dan penelitian
ilmiah
|
13.
|
Keberadaan fauna khas Indonesia
seperti Komodo ( Varanus komodoensis
) dan Badak bercula satu ( Rhinoceros sondaicus ) berguna dalam :
penelitian ilmiah, menjaga keseimbangan ekosistem maupun sebagai sumber
plasma nutfah. Ini berarti bahwa fauna-fauna tersebut mempunyai :
|
|
|
A.
|
Nilai konsumtif
|
|
B.
|
Nilai non konsumtif
|
|
C.
|
Nilai produktif
|
|
D.
E.
|
Nilai produktif dan konsumtif
Nilai produktif dan non
|
14.
|
Bila hutan hujan tropis yang kaya dengan berbagi jenis flora terbakar,
dampak yang mungkin terjadi adalah :
|
|
|
A.
|
Bertambah besarnya populasi
fauna
|
|
B.
|
Berkurangnya aliran air
|
|
C.
|
Bertambah besarnya daya serap humus
|
|
D.
|
Bertambah besarnya aliran air
|
|
E.
|
Keseimbangan ekosistem tetap terjaga
|
15.
|
Perbedaan utama antara dunia jamur (
Fungi ) dengan dunia tumbuhan ( Plantae ) adalah :
|
|
|
A.
|
Jamur bersifat autotrof, sedangkan
tumbuhan bersifat heterotrof
|
|
B.
|
Tumbuhan bersifat prokariot ,sedangkan
jamur bersifat eukariot
|
|
C.
|
Tumbuhan bermanfaat bagi manusia,
sedengkan jamur merugikan
|
|
D.
|
Jamur berklorofil, sedangkan tumbuhan
tidak berklorofil
|
|
E.
|
Jamur tidak berklorofil, sedangkan
tumbuhan berklorofil
|
16.
|
Berikut ini adalah ciri-ciri divisi
dalam kingdom plantae :
Yang menunjukkan ciri-ciri divisi Bryophyta
( Tumbuhan Lumut ) adalah :
|
||||||||||||||||||||||||
|
A.
|
1, 2 dan 3
|
D.
|
2, 3 dan 5
|
|||||||||||||||||||||
|
B.
|
1, 3 dan 4
|
E.
|
3, 4 dan 5
|
|||||||||||||||||||||
|
C.
|
2, 3 dan 4
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||
17.
|
Pernyataan yang bukan merupakan
peranan positif dari divisi Bryophyta adalah :
|
||||||||||||||||||||||||
|
A.
|
Sebagai bahan obat-obatan
|
|||||||||||||||||||||||
|
B.
|
Sebagai bantalan
lumut di hutan
|
|||||||||||||||||||||||
|
C.
|
Merupakan vegetasi/tumbuhan perintis
|
|||||||||||||||||||||||
|
D.
E.
|
Penyubur tanah di derah rawa
Merupakan bahan
makanan pokok bagi Manusia
|
|||||||||||||||||||||||
18.
|
Perhatikan tabel
perbedaan antara tumbuhan lumut dengan tumbuhan paku berikut :
Perbedaan yang benar adalah :
|
||||||||||||||||||||||||
|
A.
|
1, 2 dan 3
|
D.
|
3
|
|||||||||||||||||||||
|
B.
|
1 dan 3
|
E.
|
4
|
|||||||||||||||||||||
|
C.
|
2 dan 4
|
|
|
|||||||||||||||||||||
19.
|
Suatu tumbuhan menunjukkan ciri-ciri
sbb: mempunyai akar,batang dan daun
berwarna hijau, memiliki jaringan pengangkut xylem dan floem, menghasilkan
spora, mengalami metagenesis. Tumbuhan tersebut termasuk divisi :
|
||||||||||||||||||||||||
|
A.
|
Pteridophyta ( tumbuhan Paku )
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
B.
|
Bryophyta ( tumbuhan lumut )
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
C.
|
Spermatophyta ( tumbuhan berbiji )
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
D.
E.
|
Gymnospermae (tumb berbiji terbuka )
Angiospermae (tumb. Berbiji tertutup
)
|
|||||||||||||||||||||||
20.
|
Perhatikan daur tumbuhan paku berikut
ini :
|
||||||||||||||||||||||||
|
|
Spora
|
|||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
|
2
|
|
3
|
|||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
|
Spermatozoid
|
|
ovum
|
|||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
|
|
Zigot
|
|
|||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||
|
|
|
spora
|
|
|||||||||||||||||||||
|
A.
|
1 = protonema, 4 = protalium
|
D.
|
1 = antheridium , 4 = tumbuhan paku
|
|||||||||||||||||||||
|
B.
|
1 = protalium , 4 = arkegonium
|
E.
|
1 = protonema , 4 = tumbuhan lumut
|
|||||||||||||||||||||
|
C.
|
1 = protalium , 4 = tumbuhan paku
|
|
|
|||||||||||||||||||||
21.
|
Jenis tumbuhan
paku yang berguna dalam kehidupan
karena dapat dimanfaatkan sebagai bahan sayuran adalah :
|
|||
|
A.
|
Adiantum cuneatum
|
D.
|
Azolla pinata
|
|
B.
|
Asplenium nidus
|
E.
|
Marsilea crenata
|
|
C.
|
Sellaginella sp.
|
|
|
22.
|
Tumbuhan paku homospor berbeda dengan tumbuhan paku heterospor, karena :
|
|||||
|
A.
|
Bentuk dan jenis sporanya sama
|
|
|
||
|
B.
|
Bentuk dan jenis spora berbeda
|
|
|
||
|
C.
|
Bentuk spora sama,jenis spora berbeda
|
||||
|
D.
E.
|
Jenis spora
sama, bentuk spora berbeda
Bentuk spora berbeda-beda
|
||||
23.
|
Salah satu
perbedaan tumbuhan Paku dengan tumbuhan Berbiji, adalah :
|
|||||
|
A.
|
Tumbuhan paku berklorofil , sedang
tumbuhan berbiji tidak berklorofil
|
||||
|
B.
|
Tumbuhan paku tidak berklorofil ,
sedang tumbuhan berbiji berklorofil
|
||||
|
C.
|
Tumbuhan paku menghasilkan spora
,sedangkan tumbuhan berbiji menghasilkan biji
|
||||
|
D.
|
Tumbuhan paku menghasilkan biji,
sedangkan tumbuhan berbiji menghasilkan spora
|
||||
|
E.
|
Tumbuhan paku hidup di tempat lembab,
sedangkan tumbuhan berbiji hidup di tempat kering
|
||||
|
|
|
|
|
||
24.
|
Tumbuhan dengan ciri-ciri : tidak memiliki bunga sejati, bunga lebih
tepat disebut strobilus dan bakal biji tidak dilindungi oleh daun buah,
dimasukkan ke dalam divisi :
|
|||||
|
A.
|
Pteridophyta ( tumbuhan Paku )
|
|
|
||
|
B.
|
Bryophyta ( tumbuhan lumut )
|
|
|
||
|
C.
|
Spermatophyta ( tumbuhan berbiji )
|
|
|
||
|
D.
E.
|
Gymnospermae ( tumb berbiji terbuka )
Angiospermae ( tumb. Berbiji tertutup
)
|
|
|
||
25.
|
Berikut ini adalah beberapa jenis
tumbuhan yang kita kenal :
|
|||||
|
1.
|
Adiantum curneum ( suplir )
|
3.
|
Zea mays ( jagung )
|
||
|
2.
|
Gnetum gnemon ( melinjo )
|
4.
|
Pinus merkusii ( pinus )
|
||
|
Jenis tumbuhan
yang termasuk anggota divisi Gymnospermae
, adalah :
|
|||||
|
A.
|
1, 2 , dan 3
|
D.
|
1, 2, 3 dan 4
|
||
|
B.
|
1 dan 3
|
E.
|
4 saja
|
||
|
C.
|
2 dan 4
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
26.
|
Dalam
klasifikasi, tumbuhan paku dikatakan lebih maju daripada tumbuhan lumut
karena :
|
|||||
|
A.
|
Tumbuhan paku memiliki klorofil
|
|
|
||
|
B.
|
Tumbuhan paku memiliki xylem dan
floem
|
||||
|
C.
D.
E.
|
Tumbuhan paku berguna bagi kehidupan
Tumbuhan paku menghasilkan spora
Tumbuhan lumut tidak berklorofil
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
27.
|
Sejenis tumbuhan memiliki ciri-ciri : biji
berkeping dua, system perakaran tunggang, pertulangan daun menyirip, batang
keras dan dapat tumbuh membesar.
Berdasarkan cirinya tumbuhan tersebut
termasuk dalam divisi :
|
|||||
|
A.
|
Pteridophyta ( tumbuhan Paku )
|
|
|
||
|
B.
|
Bryophyta ( tumbuhan lumut )
|
|
|
||
|
C.
|
Spermatophyta ( tumbuhan berbiji )
|
|
|
||
|
D.
E.
|
Gymnospermae ( tumb berbiji terbuka )
Angiospermae ( tumb. Berbiji tertutup
)
|
|
|
||
28.
|
Pada tumbuhan Gymnospermae ,
pembuahan tunggal terjadi antara :
|
|||||
|
A.
|
Spermatozoid dengan ovum
|
|
|
||
|
B.
|
Spermatozoid dengan inti kandung
lembaga
|
||||
|
C.
|
Spermatozoid I dengan ovum
|
|
|
||
|
D.
E.
|
Spermatozoid II dengan ovum
Spermatozoid II
dengan inti Kandung lembaga sekunder
|
||||
29.
|
Kelompok tumbuhan berbiji berikut ini
yang berguna bagi manusia sebagai sumber bahan makanan pokok adalah :
|
|||||
|
A.
|
Padi, jagung,
singkong dan gandum
|
|
|
||
|
B.
|
Padi, jagung, kelapa dan korma
|
|
|
||
|
C.
|
Padi, kelapa, mangga dan jeruk
|
|
|
||
|
D.
E.
|
Tebu, meranti,
durian dan korma
Mangga, meranti, durian dan jambu air
|
|
|
||
30.
|
Berikut ini
adalah beberapa jenis tumbuhan :
|
|||||
|
1.
|
Zea mays ( jagung )
|
3.
|
Cocos nucifera ( kelapa )
|
||
|
2.
|
Capsicum annum ( cabai )
|
4.
|
Mangifera indica ( mangga )
|
||
|
Jenis tumbuhan
yang termasuk Anggota kelas monokotil adalah :
|
|||||
|
A.
|
1, 2, 3 dan 4
|
D.
|
2 dan 4
|
||
|
B.
|
1, 2 dan 3
|
E.
|
4
|
||
|
C.
|
1 dan 3
|
|
|
||
|
|
|
|
|
||
31.
|
Kingdom Animalia berbeda dengan
kingdom Plantae, dalam hal :
|
|||||
|
A.
|
Animalia bersifat heterotrof, Plantae
bersifat autotrof
|
||||
|
B.
|
Animalia bersifat autotrof, Plantae
bersifat heterotrof
|
||||
|
C.
|
Animalia berklorofil, Plantae tidak
berklorofil
|
||||
|
D.
|
Animalia prokariot, Plantae eukariot
|
|
|
||
|
E.
|
Animalia kemosintetik , Plantae
fotosintetik
|
||||
32.
|
Sejenis hewan mempunyai ciri-ciri
sebagai berikut :
- tubuh terdiri atas dua lapis sel (
diploblastik )
- hidup menempel di dasar laut
- permukaan tubuh banyak mengandung pori ( ostia )
berdasarkan cirinya, hewan tersebut
termasuk filum :
|
||||
|
A.
|
Porifera
|
D.
|
Anellida
|
|
|
B.
|
Coelenterate
|
E.
|
Arthropoda
|
|
|
C.
|
Nemathelminthes
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
33.
|
Contoh anggota Porifera yang dapat dimanfaatkan sebagai spons mandi
atau cuci, adalah :
|
||||
|
A.
|
Pheronema
|
D.
|
Sycon sp.
|
|
|
B.
|
Euspongia sp.
|
E.
|
Clathrina sp.
|
|
|
C.
|
Euplectela sp.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
34.
|
Berikut ini adalah beberapa ciri yang
dikenal dalam dunia hewan :
|
||||
|
1.
|
Tubuh berongga, diploblastik
|
3.
|
Memiliki rongga gastrovasculer
|
|
|
2.
|
Mempunyai bentuk polip dan medusa
|
4.
|
Tubuh lunak, bercangkang
|
|
|
Yang menjadi cirri khas filum
Coelenterata, adalah :
|
||||
|
A.
|
1, 2, 3 dan 4
|
D.
|
2 dan 4
|
|
|
B.
|
1, 2 dan 3
|
E.
|
4
|
|
|
C.
|
1 dan 3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
35.
|
Batu karang yang membentuk atoll,
atau karang pantai sebenarnya adalah
rangka dari hewan Coelenterata dari kelas :
|
||||
|
A.
|
Hydrozoa
|
D.
|
Ctenophora
|
|
|
B.
|
Scypozoa
|
E.
|
Porifera
|
|
|
C.
|
Anthozoa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
36.
|
Berikut ini adalah komponen-komponen
dalam ekosistem :
|
||||
|
1.
|
Cahaya
|
2.
|
Suhu
|
|
|
3.
|
Kelembaban
|
4.
|
Tumbuhan hijau
|
|
|
Yang termasuk komponen abiotic, adalah
:
|
||||
|
A.
|
1, 2, 3 dan 4
|
D.
|
2 dan 4
|
|
|
B.
|
1, 2 dan 3
|
E.
|
4
|
|
|
C.
|
1 dan 3
|
|
|
|
37.
|
Berikut ini
adalah , komponen-komponen yang terdapat dalam ekosistem :
|
||||
|
1.
|
Tikus
|
2.
|
Padi
|
|
|
3.
|
ular
|
4.
|
Burung elang
|
|
|
Urutan rantai makanan yang benar ,
adalah :
|
||||
|
A.
|
1à 2à 3
|
D.
|
2à 4à 3
|
|
|
B.
|
2à 3à 4
|
E.
|
3à 1à 2
|
|
|
C.
|
2à 1à 3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
38.
|
Contoh aktivitas
manusia yang dapat merusak lingkungan adalah :
|
||||
|
A.
|
Menggunakan bahan peledak dalam
menangkap ikan
|
|||
|
B.
|
Menanami lahan kosong dengan tumbuhan
|
|||
|
C.
|
Mengunakan pestisida biologi dalam
memberantas hama
tanaman
|
|||
|
D.
|
Membudidayakan burung hantu
|
|
|
|
|
E.
|
Mencegah kebakaran hutan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
39.
|
Jika kebiasaan
manusia membuang sampah di sungai tidak dihentikan maka , dalam jangka waktu
yang lama akan menyebabkan :
|
||||
|
A.
|
Perairan sungai menjadi subur
|
|
|
|
|
B.
|
Ikan-ikan di sungai punah
|
|
|
|
|
C.
|
Meningkatnya kualitas air sungai
|
|
|
|
|
D.
E.
|
Aliran sungai bertambah lebar
Meningkatnya populasi ikan air tawar
|
|
|
|
40.
|
Berikut ini yang
bukan merupakan ciri kingdom
Animalia, adalah :
|
||||
|
A.
|
Bersifat motil (
bergerak pindah tempat )
|
|
|
|
|
B.
|
Hidup secara heterotrof
|
|
|
|
|
C.
|
Reproduksi seksual dengan fertilisasi
|
|
|
|
|
D.
|
Memiliki klorofil
|
|
|
|
|
E.
|
Multiseluler, eukariotik dan tidak
berdinding sel
|
|||
|
|
|
|
|
|
41.
|
Sebutkan 5 ciri umum Kingdom Plantae!
|
42.
|
Buatlah bagan / skema metagenesis
tumbuhan Lumut ( Bryophyta )
|
43.
|
Jelaskan dengan
contoh mengenai ”Prinsip 4 R ”
dalam penanganan limbah yang sedang digalakkan oleh pemerintah saat ini !
|
44.
|
Apa perbedaan
antara dikotil dengan monokotil dilihat dari : akar, batang, daun, bunga dan
bijinya ?
|
45.
|
Gambarkan
struktur dalam dari alat reproduksi tumbuhan berbiji tertutup dan tunjukkan
bagian-bagian : ovum, inti kandung lembaga sekunder, antipoda, sinergid !
|
0 komentar :
Posting Komentar